Cara Menggunakan VPS atau Cloud Server sebagai Hosting untuk WordPress

By | September 23, 2015

Cara Menggunakan VPS atau Cloud Server sebagai Hosting untuk WordPress – Blogging merupakan sebuah aktifitas yang penuh dengan tantangan, kita dituntut untuk selalu meningkatkan ilmu dan kemampuan kita dalam ber-blog agar tidak hanya jalan ditempat. Semua Blogger seperti saya pasti mengharapkan Blog-nya dapat dikenal serta bermanfaat bagi banyak orang dan yang tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan penghasilan melalui aktifitas Blog ini. Hal yang perlu diketahui bahwa masalah Blogging bukan saja mengenai teknik dan kemampuan kita dalam menyajikan konten yang bermanfaat bagi pembaca, namun juga hal-hal yang berkaitan dengan blogging seperti masalah Domain maupun Hosting pun perlu dijadikan perhatian khusus.

Bagi seorang pemula yang baru mengenal dan mengetahui tentang Blog, tentunya kita memilih jalan yang paling aman yaitu dengan menggunakan layanan ataupun jasa yang serba gratis seperti ber-blog dengan platform gratis yaitu Blogspot atau WordPress.com. Namun seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan kemampuan, tahap selanjutnya adalah menggunakan Domain Top Level (TLD) dan menyewa Hosting, alternatif pertama tentang hosting biasanya akan memakai hosting yang murah seperti layanan Hosting yang sharing atau sering disebut dengan Share Hosting. Tetapi dengan bertambahnya artikel dan semakin terkenalnya Blog kita, layanan Share Hosting sudah tidak akan mampu lagi menampung trafik yang tinggi sehingga sering kena “suspend” oleh penyedia layanan share hostingnya, maka kini saatnya kita harus menggunakan apa yang dinamakan dengan VPS (Virtual Private Server) atau Cloud Server sebagai Hosting Blog kita.

Perbedaan VPS dan Cloud Server

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara untuk instalasi VPS ataupun Cloud Server, sebaiknya kita mengetahui dulu perbedaan keduanya agar dapat menentukan pilihannya. VPS (Virtual Private Server) adalah layanan Server/Hosting yang membagikan satu Server Fisik (Physical Server) menjadi beberapa Server Virtual sedangkan Cloud Server adalah gabungan beberapa server yang terkoneksi menjadi suatu platform yang dapat menjalankan beberapa Server Virtual. Salah satu kelebihan Cloud Server jika dibandingkan dengan VPS adalah kemampuannya yang memungkinkan kita untuk menaikan atau menurunkan Kapasitas Penyimpanan (Storage), CPU dan RAM sesuai dengan kebutuhan kita tanpa harus melakukan Migrasi Server (Pemindahan Server). Kemudahan untuk menaikan dan menurunkan Storage, CPU dan RAM ini biasanya disebut dengan “On Demand”. Cloud Server juga memiliki Security (Keamanan) yang lebih baik jika dibanding dengan VPS. Namun biaya sewa Cloud Server sedikit lebih mahal daripada VPS.

Perbedaan VPS dan Cloud Server

Langkah-langkah Instalasi VPS atau Cloud Server sebagai Hosting untuk WordPress

Sebagai seorang pemula, kita memerlukan sebuah Tutorial yang berisikan langkah demi langkah yang lengkap dan detail untuk melakukan Instalasi (Setup). Berikut ini saya coba untuk sharing langkah-langkah lengkap mengenai cara Instalasi sebuah VPS atau Cloud Server baru secara detail. Langkah-langkah yang saya sharing di artikel ini telah saya terapkan pada beberapa Blog saya dan sukses semuanya.

Sebenarnya ada lagi cara yang lebih mudah untuk meng-instalasi WordPress baru ke Cloud Server Digital Ocean. Namun kita akan mengalami kesulitan dikemudian hari dalam melakukan penambahan domain (addon domain) dan pemindahan hosting. Hal ini dikarenakan cara yang mudah ini tidak ada Panel Kontrol untuk dapat digunakan secara user friendly (harus pake coding sepenuhnya). Menurut saya, lebih baik sulit sekarang daripada lebih sulit lagi di kemudian hari. Namun bagi yang ingin mengetahui cara mudah ini, saya akan membahasnya dikemudian hari.

Untuk Instalasi atau Setup sebuah VPS atau Cloud Server ini, kita memerlukan beberapa perlengkapan penting yakni VPS atau Cloud Server, Operating System (OS), Control Panel dan Platform Blog. Di Tutorial ini, saya akan mengunakan layanan Cloud Server dari DigitalOcean, OS Linux ubuntu, Control Panel Vestacp dan platform Blog WordPress. Aplikasi ssh client yang saya gunakan adalah Putty untuk windows.

Berikut ini adalah 5 langkah utama untuk instalasi (Setup) VPS atau Cloud Server hingga WordPress kita dapat Online dan berfungsi dengan baik, setiap langkah-langkah utama dibawah ini akan dilengkapi lagi dengan artikel tutorial yang menjelaskan setiap langkah secara mendetail.

  1. Langkah paling pertama adalah menyewa VPS atau Cloud Server dan menentukan pilihan lokasi Server serta pilihan Sistem Operasi yang dalam tutorial ini akan menggunakan OS Linux Ubuntu 14.04 pada DigitalOcean.
    Baca artikel : Tutorial Menyewa Cloud Server DigitalOcean
    Silakan klik link ini untuk menyewanya : digitalocean.com
  2. Konfigurasi Linux Ubuntu dan Instalasi Panel Kontrol Web Vestacp ke sistem operasi Ubuntu.
    Baca Artikel : Cara Instalasi Control Panel Vestacp
  3. Instalasi WordPress ke Kontrol Panel Web Vestacp.
    Baca Artikel : Cara Instalasi WordPress di Kontrol Panel Vestacp
  4. Tes WordPress yang telah diinstalasi dengan cara mengetikan alamat IP ke address toolbar browser.
  5. Setelah pastikan WordPress dapat berfungsi dengan baik, arahkan domain anda ke server baru dengan cara menggantikan nameserver domain dimana domain anda didaftarkan.

Demikian 5 langkah utama dalam melakukan instalasi VPS atau Cloud Server hingga akhirnya WordPress baru dapat digunakan dengan baik. Untuk artikel selanjutnya, saya akan membahas bagaimana migrasi atau memindahkan hosting dari sharehosting ke cloud server Digital Ocean.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *